SOSIALISASI DAN PEMERIKSAAN URIN OLEH BNN PROVINSI PAPUA PADA PENGADILAN MILITER III-19 JAYAPURA

SOSIALISASI DAN PEMERIKSAAN URIN OLEH BNN PROVINSI PAPUA PADA PENGADILAN MILITER III-19 JAYAPURA

Berdasarkan surat dari Sekretaris Mahkamah Agung Nomor : 1719/SEK/OT.01.1/10/2020 tentang Penunjukan Daerah Implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020 , maka pada hari ini Rabu  17 Februari 2021 telah dilaksanakan Sosialisasi dan tes urine di Pengadilan Militer III-19 Jayapura, kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah tindak tindak lanjut dari zat narkotika atau obat-obatan terlarang, Cara tes narkoba dengan menggunakan sampel urine atau dapat disebut tes toksikologi ini adalah tes yang paling umum digunakan. Analisis terhadap urin akan menunjukkan keberadaan narkoba di dalam tubuh, meskipun efek dari narkoba itu sudah tidak ada.

Tes toksikologi dapat menyimpan hingga 30 jenis obat-obatan dalam satu kali tes. Jenis obatnya pun tidak terbatas untuk golongan narkotika saja. Tes yang dapat digunakan untuk pengobatan residu obat resmi untuk keperluan medis, misalnya aspirin, vitamin, suplemen, bahkan dapat memenuhi kandungan alkohol dalam darah.

Selain tes urin, juga dilaksanakan sosialisasi informasi zat narkotika atau obat-obatan terlarang yang dalam hal ini BNN Provinsi Papua diwakili oleh Bapak Kasman, S.Pd., M.Pd yang ditugaskan sebagai Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Papua.

Melalui kegiatan tersebut Pengadilan Militer III-19 Jayapura berkomitmen untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari narkoba dan peredaran gelap narkoba.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply